RSS

Hygene



Adalah kebersihan, yaitu bagian penting dari hidup. Dalam keadaan normal (dirumah) kebersihan cukup mudah di lakukan karena ringan, mudah, dan permanen. Namun dilapangan terutama saat istirahat (kamp) melakukan tindakan/sikap kebersihan sulit dikerjakan, karena banyak hal seperti lelah, lapar, jadwal menumpuk, dan sebagainya.

 

DEFECATE- LATRINES

Defecate arti dalam bahasa indonesia halus adalah buang air besar dan Latrines adalah kakus. Proses pembuangan sisa makan dari tubuh merupakan satu faktor pokok untuk kesehatan, jika selama 2 x 24 jam tidak mengalaminya menurut kesehatan maka akan mengalami gangguan pencernaan. Banyak yang tidak menyukai buang air besar dilapangan dikarenakan
·         Tidak biasa/pernah melakukan sebelumnya
·         Suasana atau area kadang tidak mendukung atau susah mencari tempat
·         Kebersihannya/cucinya tidak menggunakan air karena air harus dihemat, terbiasa menggunakan air
Dengan demikian, untuk menghindari buang air besar banyak yang makan dalam porsi sedikit. Hal tersebut tidaklah sehat karena dilihat dari kesehatan, tubuh berada dalam kondisi diatas normal dan memerlukan banyak pasokan energi sehingga asupan makanan yang biasa (saat normal) dilebihkan.
Setiap makanan menghasilkan sisa yang akan disalurkan tubuh melalui saluran sekresi, sehingga setiap makanan yang kita makan nantinya akan menghasilkan buangan, berapa pun banyaknya. Jika dalam dua hari tidak mengeluarkan sisa maka penglihatan melemah dan muka pucat serta banyak lagi gangguan kesehatan berikutnya.
Karena dilapangan sulit mendapatkan toilet ada baiknya mengetahui teknis membuat toilet dilapangan (sebaiknya yang kamp lebih dari 2 hari), yaitu

·          Carilah lokasi yang cukup aman untuk membuat sebuah lubang pembuangan, aman dari gangguan hewan, jauh dari jalur setapak, dan tempat kamp. Lokasi datar dan setidaknya lebih rendah dari posisi kamp, dan jangan dekat jalur air.
·          Buatlah lubang bujur sangkar dengan sisi ± 50 cm dan dalam 80 cm (makin dalam lebih baik)
·          Tempatkan gelondongan kayu diatas lubang untuk menutupinya dan sisakan sedikit ruang untuk pembuangan ditengahnya, dibawah kayu di beri alas dengan batuan agar kokoh
·          Untuk lubang ditutupi dengan daun lebar atau papan pipih.
·          Jika selesai memakai “wc” ini taburi dengan tanah sedikit (bekas galian) untuk menutupi baunya dan tutupi kembali lubang pembuangan dengan penutupnya
·          Jika perlu buatlah menjadi semacam toilet tertutup dengan memberinya semacam dinding disekitarnya.

DISPOSAL

Adalah sampah atau sisa yang harus dibuang dan tidak terpakai lagi seperti sisa makanan, kertas, plastik, dan sebagainya. Jika sampah yang dibuang berupa bahan daur ulang yaitu bukan bahan (mengandung) plastik dan besi sebaiknya ditanam atau dibakar namun jika dibakar, api yang dibuat harus diawasi (jangan sekali-sekali ditinggalkan)

SOAP

Setidak jika bertemu sumber mata air segera membersihkan diri, tidak perlu sampai mandi cukup membersihkan beberapa bagian tubuh seperti muka, tangan, dan kaki yang merupakan bagian tubuh yang sering terkena kotoran langsung dari luar. Begitupula saat hendak makan seharusnya membersihkan tangan sebelum makan.
Sisa makanan yang masih menempel didalam wadah masak dapat merangsang tumbuhnya bakteri dan jamur apalagi pada tempat makan yang jarang dicuci bersih hanya menggunakan tissu. Gunakan sabun untuk menghilangkan lemak dan minyak pada tempat makan dan wadah masak dan sabun yang digunakan ramah lingkungan.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 Loroseng Ada.ta: