RSS

17 Manfaat Teh

Anda mungkin tidak akan menyangka bahwa teh bukan saja berkhasiat bagi tubuh, tapi juga merawat benda-benda di sekitar Anda! Jika Anda penggemar teh dan sering merasa bersalah membuang kantung teh bekas, maka mungkin Anda lega mengetahui kalau kantung teh tersebut bisa didaur ulang!




1.  Meredakan Mata Lelah

Terlalu sering tidur larut malam atau nognkrong di depan layar komputer? Hilangkan mata merah atau bengkak dengan merendam kantong teh dalam air hangat lalu taruh pada mata Anda. Biarkan selama 20 menit.


2. Gunakan Teh untuk Membuat Cermin Anda Cemerlang!

Jika Anda pernah membiarkan kantong teh di cangkir terlalu lama sampai dingin... jangan dibuang! Ambil lap/kain, rendam dalam teh, dan gosok cermin Anda hingga mengkilap.


3. Menyejukkan Kulit yang Terbakar Matahari

Obati kulit yang terbakar matahari dengan kantong teh basah yang sudah didinginkan atau tuang air teh sejuk ke dalam air rendaman di bathtub. Bisa juga membantu meringankan jenis luka bakar ringan.


4. Mencegah Bau Kaki

Rendam kaki dalam seduhan black tea selama 20 menit.


5. Pembersih Kayu

Seduh beberapa kantong teh dalam satu liter air dan biarkan dingin. Serap dengan kain atau spons lalu peras. Sekarang Anda siap untuk membersihkan furnitur dan lantai kayu!


6. Menyuburkan Tanaman Mawar 

Taburkan daun teh baru atau bekas, boleh dari kantong atau loose tea, di sekitar semak mawar Anda. Mawar menyukai asam tanat yang secara alami terkandung dalam teh. Jadi saat hujan atau waktu disiram air, maka asam tanat dilepaskan dalam tanah membuat mawar Anda tumbuh subur.


7. Memberi Sentuhan Antik pada Kain Anda.

Tambahkan dua kantong teh ke dalam dua cangkir air mendidih. Rendam selama sekitar 20 menit dan biarkan dingin. Kemudian masukkan kain putih, renda, atau bahan lain yang ingin Anda beri sentuhan “antik“. Semakin lama Anda merendam bahan tersebut semakin gelap warnanya. Jadi bereksperimenlah!


8. Sebagai Kompos

Tambahkan teh kental kedalam kompos untuk membuat kompos yang kaya acid.


9. Siram Tanaman Pakis Anda dengan Teh

Pakis senang menjadi ”tamu” di tea party :). Lain kali jika Anda ingin menikmati secangkir teh, buat satu cangkir untuk pakis atau tanaman rumahan lain yang senang berkembang biak dalam tanah yang kaya asam. Cukup siram tanaman Anda dengan air teh sejuk.


10. Melunakkan Daging Keras/Kenyal

Anda bisa menggunakan teh hitam untuk membantu meringankan tugas di dapur saat makan malam. Seduh teh dalam air panas, bukan mendidih, selama lima menit. Tambahkan gula merah aduk hingga rata. Lalu siram diatas daging yang telah dibumbui, panggang hingga matang.


11. Membantu Menghilangkan Nyeri Gusi

Untuk menghilangkan rasa sakit setelah gigi dicabut, rendam kantong teh dalam air dingin dan oleskan langsung ke daerah yang sakit.


12. Mengempiskan Kulit Bisulan

Letakkan kantong teh yang sudah dibasahi pada bisul semalaman dan keesokan harinya harusnya bisul sudah mengempis tanpa rasa sakit.


13. Rambut Berkilau!

Gunakan teh tanpa gula sebagai bilasan akhir setelah keramas untuk rambut ekstra berkilau.


14. Sebagai Potpourri

Tambahkan beberapa daun teh kering kedalam tas sachet dan voila! Anda punya homemade Potpourri! Anda juga dapat menambahkan beberapa tetes minyak esensial seperti lavender atau lemon.


15. Minum Teh untuk Mencegah Pusing

Teh hitam dapat mengurangi rasa pusing saat terlalu lama berdiri karena teh meningkatkan tekanan darah.


16. Melukis!

Ya, Anda bisa melukis menggunakan daun berkhasiat ini. Rebus daun teh yang kental dan melukislah seperti biasa diatas kertas putih. Jangan lupa ajak anak Anda juga!


17. Mengusir Bau Mulut

Berkumurlah dengan teh hijau setiap pagi.


Semoga bermanfaat ya!

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 Loroseng Ada.ta: